Langsung ke konten utama

Fungsi atau kegunaan Paving Blok



Fungsi paving blok yang utama adalah untuk menutup permukaan tanah. Dengan fungsi paving blok tersebut, tanah menjadi rapi, pejalan kaki menjadi lebih nyaman, dan bersih. Selain sebagai penutup
permukaan jalan, sebenarnya masih ada lagi fungsi paving blok yang harus Anda ketahui, berikut penjelasannya.
  1. Menambah Nilai Estetika
Jika Anda menggunakan paving blok yang berwarna-warni, maka nilai estetika atau keindahan ini akan muncul. Bagaimana tidak? Coba saja bayangkan dan bandingkan, lebih indah mana antara halaman rumah yang berpaving warna dengan halaman yang dibiarkan hanya kelihatan tanah saja? Pasti yang berpaving bukan?

  1. Untuk Menyerap Air Hujan
Ketika area tanah ditutup oleh sejumlah material bangunan tertentu, maka akan terbersit dalam benak sebuah pertanyaan, "apa yang terjadi ketika hujan datang? Bukankan air akan menggenang hingga menimbulkan banjir?"
Nah, hal tersebut tidak berlaku untuk paving blok karena fungsi paving blok yang selanjutnya adalah untuk menyerap air hujan. Jadi, air hujan yang turun tak akan menggenangi halaman rumah, halaman sekolah, maupun halaman kompleks di area perumahan. Air hujan yang turun langsung terserap ke dalam paving hingga akhirnya kembali diserap oleh tanah.

  1. Mengaplikasikan Sebuah Bentuk atau Model
Ketika Anda ingin membuat suatu bentuk atau model tertentu yang kiranya antimainstream, gunakan saja paving blok ini. Bagaimana caranya? Beli dulu paving blok warna-warni, Anda bisa membeli 3 macam warna, seperti orange, merah, dan warna abu-abu. Selanjutnya tentukan gambar model apa yang ingin Anda aplikasikan menggunakan paving, misalnya gambar mickey mouse.
Setelah itu, mulailah pasang paving sesuai dengan gambar yang telah Anda susun. Anda bisa memulai dari titik tumpu gambar tersebut, misalnya dari bagian mata yang berwarna orange, kemudian bibirnya berwarna merah, dan bagian tubuh lainnya berwarna abu-abu. Fungsi paving blok yang seperti ini bisa juga untuk hadiah pernikahan untuk istri Anda, misal dengan memberikan gambar berupa sebuah hati atau tulisa "i love you".

  1. Efisien dan Murah
Fungsi paving blok sebagai cost memang tak bisa disingkirkan begitu saja. Maksudnya adalah ketika Anda membeli, memasang dan merawat paving blok, membutuhkan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan aspal atau cor beton.

  1. Ramah Lingkungan
Fungsi paving blok yang terakhir yakni berhubungan dengan alam. Paving dikatakan ramah lingkungan karena memang bahan bakunya terbuat dari produk unggulan yang menyatu dengan alam sekitar, yakni berupa mineral, bebatuan, dan jenis material lainnya yang sudah dibuktikan aman dan nyaman untuk manusia serta alam sekitar.

Jika dilihat dari banyaknya fungsi paving blok tersebut, maka bisnis paving sepertinya akan selalu mengalami peningkatan tiap tahunnya, karena yang membutuhkan bahan bangunan yang satu ini masih sangatlah banyak.

Postingan populer dari blog ini

Cara menghitung kebutuhan Paving Per m2

Kebutuhan paving block per m2 disesuaikan dengan bentuknya: Bata persegi panjang 21cm x 10,5 cm = 44 bh/m2 Hexagon Segi enam = 25 bh/m2. Cacing 22.5cm x 11,2cm = 39bh/m2. Trihex 19,7cm x 9,6cm = 39bh/m2. Ubin kecil 10,5cm x 10,5cm = 88bh/m2. Ubin besar 21cm x 21cm = 22bh/m2. Topi uskup =3,3/m1.

Fungsi Utama Alumunium Composite Panel (ACP)

Fungsi utama Alumunium Composite Panel (ACP)       aluminium composite panel banyak dipergunakan sebagai penutup permukaaan untuk

Alumunium Composite Panel / ACP Pelapis Dinding

Alumunium Composite Panel (ACP)  Aluminium Composite Panel dari bahan utamanya yaitu composite material, atau biasa disebut bahan composite